Tipe-Tipe Investor

Dalam kegiatan bisnis tentunya kita berkeinginan untuk mendapatkan investor tentunya. Investor ini dapat membantu kita untuk mengembangkan bisnis, tentunya kita juga harus mengetahui tipe-tipe investor. Investor dapat diartikan sebagai orang perorangan atau suatu lembaga baik domestik ataupun non domestik yang melakukan suatu kegiatan investasi dalam jangka waktu tertentu.

Dilihat dari sifatnya, investor dapat digolongkan menjadi tiga tipe, yaitu:

1. Tipe konservatif (risk averse), yaitu tipe investor yang memilih investasi dengan risiko yang rendah walaupun hal ini dapat menyebabkan keuntungan yang kecil.
2. Tipe berimbang (risk medium), yaitu tipe investor yang proporsional melihat suatu risiko dan keuntungan yang didapatkan dari berinvestasi.
3. Tipe Agresif (risk taker), yaitu tipe investor yang berani mngambil risiko besar, untuk mendapatkan return yang besar pula.

Dilihat dari praktek investasi keuangan, ada beberapa jenis investor, yaitu:
1. Hedger, yaitu melakukan suatu investasi dengan tujuan menjaga aset riil yang dimiliki.
2. Spekulator, yaitu melakukan suatu investasi dengan tujuan spekulasi, berdasarkan pada pergerakan harga yang terjadi. Biasanya hal ini dilakukan dalam jangka pendek atau one day trading.
3. Arbitrage, melakukan suatu investasi atas dasar selisih perhitungan yang diakibatkan karena adanya perbedaan lokasi, waktu dan kebijakan-kebijakan. Pada saham yang listing di dua bursa efek yang berbeda dikenal dengan istilah dual listing.
Dilihat dari penggolongan sifat seorang investor menjadi tiga kategori, tentunya hal ini sangatlah beralasan, konsep yang dikenal secara umum dengan sebutan high risk high return dan sebaliknya low risk low return. Jadi semakin besar tingkat risiko akan memberikan kemungkinan return yang besar pula.

2 Tanggapan

  1. Saya merasa berterimakasih sekali dgn adanya informasi ini karena sangat membantu proses belajar saya. Thanks

  2. Noi coment testing

Tinggalkan komentar